Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home » » Ajak jalan-jalan, kunci pleci cepat buka paruh

Ajak jalan-jalan, kunci pleci cepat buka paruh


Sudah banyak informasi yang beredar di kalangan penggemar burung pleci tentang perawatan harian dan segala hal yang berkaitan tentang burung pleci kacamata ini. Jadi saya anggap Anda sudah mengerti semua mengenai bagaimana perawatan hariannya. Artikel kali ini ingin fokus kepada tips mengatasi pleci yang cuma ngeriwik saja di rumah, dan malas buka paruh.
Di alam bebas, pleci hidup berkoloni dan gemar berpetualang. Dalam sehari, kawanan burung ini mampu mengunjungi lebih dari 30 tempat untuk mencari makanan.
Melihat kebiasaan ini, maka seringlah mengajak pleci Anda jalan-jalan ke tempat yang baru, misalnya sesekali dibawa ke tempat kerja (kalau tidak dilarang bos, tentunya), ke kafe atau restoran taman, dan sebagainya.
Lebih baik lagi jika Anda bersama plecimania lainnya berkumpul di suatu tempat, sambil membawa momongan masing-masing. “Tradisi” seperti ini pun kerap dilakukan komunitas penggemar pleci di negara-negara tetangga.
Dengan kata lain, performa pleci akan menjadi lebih baik jika mereka makin sering bergerak, dan bukan sekadar menetap di satu lokasi (misalnya hanya di rumah). Bahkan pleci yang bagus pun jika hanya digantung di rumah tidak akan mencapai top form. Alasannya, pleci tidak seperti burung teritorial yang suka menetap di suatu lokasi seperti halnya ciblek, murai batu, dan kacer.
Seperti dijelaskan di atas, pleci hidup berkoloni dan suka berpindah-pindah tempat. Setiap kali berhenti di satu tempat, mereka akan menyantap makanan, berkicau, dan akan sering membuka paruhnya dengan maksud ingin mempertahankan koloninya agar tidak bercerai-berai. Mereka akan saling mengkonfirmasi keberadaan masing-masing dalam koloni tersebut.
Pleci
Pleci yang baik tetap buka paruh meski sendirian di rumah.
Jika ngeriwik terus, segera carikan teman baru.

Sering diajak ke arena latber atau lomba

Sekiranya solusi di atas agak merepotkan Anda, misalnya bos tidak mengizinkan, atau belum menemukan plecimania terdekat, Anda bisa juga mengajak momongan mungil ini jalan-jalan di arena latber atau lomba, khususnya ketika panitia membuka kelas pleci.
Setidaknya seminggu sekali pleci dibawa ke lapangan. Apabila Anda menganggap momongan ini belum layak ikut lomba, jangan khawatirkan bakal ngedrop atau stres seperti halnya burung murai atau kacer. Sebab pleci bukanlah burung teritorial, atau burung penjaga wilayah. Burung teritorial bisa dikelompokkan sebagai burung fighter, sedangkan pleci tidak termasuk yang itu.
Mungkin, ketika dibawa ke arena latber atau lomba, pleci akan merasa terintimidasi. Tetapi hal itu tidak akan berlangsung lama. Jika kualitasnya memang bagus, biasanya dalam pertemuan awal pleci akan langsung membalas komunikasi dari koloni yang ada di arena lomba, dengan cara berkicau keras sambil membuka paruhnya.
Nah, begitu pleci dibawa pulang ke rumah, di sinilah kesabaran Anda akan diuji. Sebab, banyak juga pleci yang baru pertama kali dibawa latberan langsung buka paruh, tetapi begitu di rumah cuma ngeriwik saja setiap hari seperti biasanya.
Kalau itu menimpa pleci Anda, solusinya adalah segera mencarikan teman baru untuknya. Pleci baru digantang setiap pagi di bawah pohon, dengan jarak agak berjauhan agar mereka bisa saling berkomunikasi. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment

 
© 2010-2012 Lek Mar' BLOG